11 Februari 2011

Resensi Novel Laskar Pelangi



Judul Buku : Laskar Pelangi
Penulis : Andrea Hirata
Penerbit : Bentang Pustaka
Genre : Roman
Terbit : 2005
Halaman : xxxiv, 529 halaman
ISBN : ISBN 979-3062-79-7



Novel ini bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah di SD Muhammadiyah Gantong di pulau Belitong yang penuh dengan keterbatasan. Keterbatasan yang ada bukan membuat mereka putus asa, tetapi malah membuat mereka terpacu untuk dapat melakukan sesuatu yang lebih baik. Mereka menyebut diri mereka sebagai Laskar Pelangi. Pada bagian-bagian akhir cerita, anggota Laskar Pelangi bertambah satu anak perempuan yang bernama Flo, seorang murid pindahan PN Timah.

Begitu banyak hal menakjubkan yang terjadi dalam masa kecil para anggota Laskar Pelangi. Sebelas anak Melayu Belitong yang tak pernah menyerah meski keadaan tanpa besimpati padanya. Lintang salah satunya, anak genius yang harus mengayuh sepeda 80 km pulang pergi demi memuaskan dahaganya akan ilmu. Bahkan terkadang hanya untuk menyanyikan lagi Padamu Negeri di akhir jam sekolah.

"Ramuan pengalaman dan imajinasi yang menarik, yang menjawab inti pertanyaan kita tentang hubungan -hubungan antara gagasan sederhana, kendala dan kualitas pendidikan"
Sapardi Djoko Damono, sastrawan dan Guru Besar FKIB UI

"Sebuah novel yang sangat menggugah. Siapapun yang membacanya akan termotivasi dan merasa berdosa jika tidak mensyukuri hidup"
Andy F. Noya, Host acara dialog Kick Andy

"Tidak pernah ada yang bisa mengalahkan kekuatan cinta yang murni dan tulus. Cinta yang mendalam menebarkan energi positif yang tidak hanya mengubah hidup seseorang tetapi juga menerangi kehidupan orang banyak"
Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar