10 Februari 2011

Cara Alami Mencegah dan Mengatasi Jerawat http://www.emocutez.com

Wajah tanpa jerawat bak langit tanpa bintang.. plis dech pepatah yang hanya manis di mulut pahit ditelinga.... Jerawat mungkin problem baik cewek maupun cowok di indonesia, especially bagi mereka yang di anugerahi Tuhan, tambang minyak berlimpah di wajah (Including me !!!). Bagi mereka yang memiliki tipe kulit berminyak, memang harus ekstra kerja keras untuk mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat.

Untuk mengatasinya biasanya kita langsung tancap gas pergi ke salon kecantikan. Selain menguras dompet, terkadang cara ini juga belum tentu aman. Sebenarnya banyak cara yang lebih aman dengan memanfaatkan kekayaan alam kita ini. Cuma memang cara ini sedikit ribet dan membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Berikut ini beberapa tips mengatasi jerawat. yang Insya Allah jika kita telaten dan rajin akan sangat terasa manfaatnya. Ingat mengatasi jerawat tak bisa instant. Mengatasi Jerawat membutuhkan kesabaran.

1.Masker jeruk nipis & madu


Madu mengandung antiseptik yang dapat membasmi bakteri penyebab jerawat. Dipadukan dengan jeruk nipis yang dapat melarutkan minyak di wajah.
Campurkan satu sendok makan air jeruk nipis dengan stau sendok teh madu yang telah dipanaskan. Oleskan pada muka, setelah 20-30 menit bilas dengan air bersih.

2.Masker Oatmeal dan bawang merah


Senyawa Sulfur yang ada dalam bawang merah dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.
Masak setengah cangkir oatmeal (tawar) kemudian tiriskan. Campur dengan 2 siung bawang merah yang telah dilumatkan. Gunakan sebagai masker kira kira 5 – 15 menit. Cuci muka dengan air hangat agar bau bawang hilang.

3.Masker Garam

Ambil garam secukupnya, tambahkan air dan diamkan selama 20 menit. Endapan garam tersebut oleskan pada wajah dan diamkan kurang lebih selama 15 – 30 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.
Masker garam ini juga sangat efektif untuk mengilangkan noda bekas jerawat yang membandel.

4. Masker Putih telur


Campurkan putih telur dengan sedikit air perasan jeruk lemon/nipis dan madu. Kocok sebentar. Oleskan pada wajah. Setelah 10 - 20 menit cuci muka dengan air hangat.
Masker ini juga sangat ampuh mengangkat komedo diwajah.

5. Masker Yoghurt

Campurkan satu sendok makan plain yoghurt (yoghurt tawar) dengan satu sendok teh madu yang telah dihangatkan. Oleskan pada wajah, cuci bersih muka setelah 20 menit.
Selain efektif mengempeskan jerawat dan menyamarkan noda bekas jerawat. masker Yoghurt ini juga dapat mengembalikan kekenyalan kulit wajah kita.


Mencegah memang lebih gampang daripada mengobati, Berikut beberapa tips sederhana untuk mencegah timbulnya jerawat.
1.Kunci utama untuk mecegah timbulnya jerawat adalah kebersihan kulit termasuk didalamnya sering sering cuci muka. Usahakan selalu cuci muka sehabis berpergian, terutama bagi mereka yang naik angkot ataupun motor.

2.Sebelum tidur sempatkan untuk cuci muka menggunakan facial wash. Kotoran yang menempel dalam minyak di wajah hanya bisa larut menggunakan sabun. Kemudian lap muka dengan handuk yang telah dibasahi air hangat.

3.Biasakan memakai masker minimal seminggu sekali, dan lebih disarankan memakai masker dari bahan alami (herbal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar